top of page
Red Paint

CURRICULUM

Project Based Learning

SD Bukit Aksara menerapkan metode Project Based Learning yang memungkinkan siswa untuk belajar melalui eksplorasi aktif, kolaborasi, dan pemecahan masalah nyata. Kami memandang setiap proyek sebagai kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kritis seperti pemecahan masalah, kerja tim, komunikasi, dan kreativitas.

​

Keunggulan pendekatan pembelajaran berbasis proyek kami meliputi:

Keterlibatan siswa yang tinggi

Siswa kami terlibat secara langsung dalam proyek-proyek yang menarik dan relevan bagi kehidupan sehari-hari mereka, memicu minat dan motivasi instrinsik untuk belajar.

Pemecahan masalah yang nyata

Kolaborasi

Melalui proyek-proyek kolaboratif, siswa belajar bekerja sama, mendengarkan ide-ide orang lain, dan menghargai perbedaan pendapat.

Siswa kami dihadapkan pada tantangan nyata yang memerlukan pemikiran kritis dan kreatif untuk menemukan solusi yang efektif

Penilaian otentik

Penilaian dilakukan pada saat proyek berjalan dan melalui portofolio proyek yang mencerminkan berbagai aspek kemampuan mereka.

Koneksi dengan kurikulum

Proyek-proyek dirancang berdasarkan rasa ingin tahu, minat, dan kebutuhan siswa dan mengintegrasikan konsep-konsep pembelajaran inti yang sesuai dengan kurikulum nasional.

Dengan pendekatan ini, kami ingin menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, memantik, inklusif, dan relevan bagi setiap siswa, mempersiapkan mereka untuk menjadi pembelajar seumur hidup yang mandiri dan berpikiran kritis.

Character Building

Kami percaya bahwa pendidikan tidak hanya tentang pengetahuan akademis, tetapi juga tentang pengembangan karakter yang kuat dan positif pada setiap anak.

​

SD Bukit Aksara yang memiliki visi “Generasi Kreatif dan Berkarakter” memposisikan pembangunan karakter sebagai bagian integral dari pengalaman pendidikan siswa. Kami percaya bahwa nilai-nilai karakter adalah landasan yang penting untuk membentuk pribadi yang baik dan berkontribusi positif dalam masyarakat.

 

SD Bukit Aksara mengadopsi materi pembangunan karakter dari “Character First’ yang diimplementasikan secara berkesinambungan mulai dari kelas 1-6. Karakter yang dibangun di setiap kelas adalah:

Kelas 1

Ketertiban dan Kesabaran

Kelas 2

Kejujuran dan Tanggung Jawab

Kelas 3

Memaafkan dan Rendah Hati

2-4.jpg

Kelas 4

Perhatian dan Kepekaan

Kelas 5

Peduli dan Toleransi

Kelas 6

Pengendalian Diri dan Bijaksana

Kami mempraktikkan pembangunan karakter melalui berbagai kegiatan dan program di sekolah, termasuk:
 

  1. Pengajaran Nilai-nilai 
    Kami mengintegrasikan pengajaran nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum kami, mengajarkan siswa bagaimana menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

  2. Program Kepemimpinan
    Kami memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan melalui program-program seperti organisasi kelas, mentoring, dan proyek bersama di kelas.

  3. Pengalaman Belajar yang Bermakna
    Kami merancang aktivitas dan proyek yang memungkinkan siswa untuk belajar tentang nilai-nilai karakter secara langsung melalui pengalaman nyata.

  4. Model Peran
    Para guru dan staf sekolah kami bertindak sebagai role model yang baik, menunjukkan nilai-nilai karakter dalam tindakan sehari-hari mereka.

  5. Kerjasama dengan Orang Tua
    Kami bekerja sama dengan orang tua untuk memperkuat pembelajaran karakter di rumah dan di sekolah, menciptakan lingkungan yang konsisten dalam mendukung perkembangan karakter siswa.

     

Dengan pendekatan ini, kami ingin membantu siswa kami menjadi individu yang bertanggung jawab, berempati, dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Kami mengundang Anda untuk bergabung dengan komunitas kami dalam membangun generasi yang memiliki karakter kuat dan berdampak positif bagi dunia.

Bukit Aksara Elementary

Jl. Prof Sudarto No 40, Banyumanik, Semarang

WA 0818-0705-6633

@bukitaksara.elementary

Registered with

20200924041209-1957589674.jpeg.webp

In compliance with

Kurikulum_Merdeka.png

©2024 by Bukit Aksara School

bottom of page